Kamis, 22 November 2012

resensi non fiksi

oleh Unknown di 22.11.12

                                              Kolam Lumpur       
Judul Buku      : Pembudidayaan Ikan Lele
Penulis             : Ronny Hendrik Simanjuntak BSc.
Penerbit           : Bhratara Karya Aksara
Tahun Terbit    : 1985

            Proses pembudidayaan terhadap beberapa jenis ikan sudah semakin berkembang di negara kita. Salah satu jenis ikan yang saat ini perkembangan pembudidayaannya yang perlu dikembangkan terus adalah ikan “Lele”. Ikan lele mempunyai potensi yang cukup baik untuk dibudidayakan karena kecepatan pertumbuhannya cukup tinggi, dapat memanfaatkan berbagai jenis makanan dengan mudah, dapat dipelihara dengan kepadatan yang tinggi, dan yang paling penting adalah dagingnya mengandung kadar protein yang cukup tinggi serta rasa dagingnya yang culup gurih dan lezat.
            Buku berjudul Pembudidayaan Ikan Lele ini ditulis oleh orang yang ahli di bidangnya yaitu Ronny Hendrik Simanjuntak BSc, kelahiran Medan pada tanggal 27 Februari 1958 adalah seorang lulusan Universitas Nasional Jakarta Fakultas Biologi tahun 1982. Buku Pembudidayaan Ikan Lele ini bukan satu-satunya hasil karyanya, masih banyak buku yang ditulis lewat tangan indahnya antara lain Bercocok Tanam Petsai, Budidaya Belut.
            Penyusunan buku yang diberi judul Pembudidayaan Ikan Lele ini dimaksudkan untuk memberikan penjelasan atau petunjuk kepada petani ikan lele mengenai biologi tentang ikan lele, maupun mengenai teknik pembudidayaannya.
Melalui buku ini, penulis menginformasikan bahwa bisnis sekecil apapun harus dibekali dengan mental yang kuat untuk menunjang keberhasilan bisnis ikan lele yang tengah dikembangkan, agar nantinya dapat memproduksi lebih banyak rupiah.
             Dalam buku ini dijelaskan bahwa usaha pembudidayaan ikan lele kini sudah berkembang baik. Kehadiran ikan lele yang dulu dipandang sebagai ikan murahan, sekarang kehadirannya begitu terasa diperlukan. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya penggemar ikan lele, restauran besar pun banyak menghidangkan makanan olahan dari ikan lele. Dari buku ini, penulis tidak hanya memberikan pemahaman dasar saja, namun juga informasi fisik mengenai cara membedakan ikan lele jantan dan betina. Disamping itu, pemilihan benih, pembesaran lele sampai pasca panen juga diinformasikan.
            Ditinjau dari segi bahasa, buku ini mudah dipahami, dimengerti, dan bermanfaat bagi para petani ikan yang ingin mengembangkan usahanya dalam berternak ikan lele. Dengan warna cover yang cerah dan dilengkapi unsur gambar ikan lele, membuat buku ini menarik perhatian pembaca untuk mengetahui lebih lanjut isi dari buku ini. Buku juga dilengkapi gambar-gambar ilustrasi dan contoh-contoh gambar pada setiap isi sub bab sehingga memudahkan pembaca mengetahui maksud dari penulis buku. Sayangnya buku ini menggunakan gambar-gambar pada setiap sub bab yang tidak berwarna sehingga kurang dapat merangsang imajinasi pembaca. Dan juga dengan kertas yang merupakan hasil daur ulang membuat pembaca agak risih dalam membacanya. Banyak informasi yang dirasa masih karena isinya yang terlalu singkat untuk ukuran buku panduan membuat pembaca sedikit ragu untuk melakukan budidaya ikan terutama ikan lele.
            Secara keseluruhan buku ini layak dibaca terutama bagi orang-orang yang tertarik akan bisnis usaha budidaya ikan lele dan bisa dijadikan salah satu referensi sebelum melakukan pembudidayaan ikan lele.

           
           
Yuliana Kartikasari
XII IPS 1/28

0 coment:

Posting Komentar

 

Princess Kitty © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor