Senin, 12 November 2012

resensi kumpulan cerpen

oleh Unknown di 12.11.12

Berbagai Cerpen dalam Satu Buku
Judul  Buku     :  Idolamu?  Itu Aku
Pengarang       : 13 pengaran Teenlit
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Editor              : Novera Kresnawati
Tahun terbit     : 2006
Tebal               : 216 halaman

            Jika anda bertanya, apa ada buku yang berisi kumpulan cerpen-cerpen berkualitas yang dibuat oleh para pengarang berbakat dan seperti apa bentuk dari buku itu? Kedua pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh buku ini.
            Buku ini merupakan buku kumpulan cerpen yang berisi 15 cerpen  oleh 13 pengarang hebat Teenlit, seperti  Amalia, Alexandra Leirissa, Bacem Wong, Debbie, Donna Rosamayna, Hara Hope, Julia Stevany, Ken Terate, Luna Torashyngu, Maria Ardelia, Mia Arsjad, Regina Feby dan Valleria Verawati. Dunia remaja, kisah cinta, komedi, mistis, fantasi bahkan tragedi adalah tema dari buku kumpulan cerpen teenlit yang berjudul “Idolamu? Itu Aku”.
            Cerita pertama yang sekaligus menjadi judul buku ini adalah Idolamu? Itu Aku, merupakan karangan Ken Terate yang berkisah tentang seorang gadis bernama Riyanti yang ingin mengikuti salah satu ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Setelah mempersiapkan segalanya, mulai dari kostum, make-up, sampai teriak-teriak di kamar mandi sehari dua kali, Riyanti akhirnya ikut mendaftar audisi Indonesian Idol. Antrean panjang, capek, panas, dan haus tidak menyurutkan semangatnya. Namun pada akhirnya Riyanti tidak lolos dalam audisi. Walau sebenarnya ia sempat bermimpi lolos bahkan maju ke grand final. Dan ternyata ketika dia sadar, dia masih di ruang juri dan saat dia nyanyi tiba-tiba diminta berhenti bernyanyi oleh ketiga juri karena suaranya tidak memenuhi kriteria. Gaya Ken Terate dalam menceritakan karangannya ini cenderung mengalir begitu saja dengan bahasa yang ringan dan kocak sehingga pembaca mudah memahaminya.
            Keempat belas cerpen lainnya sama menariknya, diantaranya adalah  Gaun Lingkan karangan Mia Arsjad yang memberikan kita pesan moral bahwa tak selamaya uang membuat kita senang, 24 jam yang menceritakan kejadian lucu bagaimana jika seekor kucing yang menjadi manusia selama 24 jam, My Yellowman yang menceritakan seorang gadis yang ditaksir oleh laki-laki penggemar warna kuning dan akhirnya mereka berpacaran karena kesalahpahaman.

            Dengan penokohan yang berbeda tiap cerpennya, buku ini membuat pembaca tidak  mudah bosan dan dapat menikmati konflik yang ditimbulkan oleh para tokoh. Tema yang beragam dan bervariasi membuat pembaca merasa tertarik dan tidak perlu membeli banyak buku karena dalam buku ini sudah terdapat 15 cerpen yang merupakan bestseller.
            Namun alur di setiap cerpen yang maju-mundur/ campuran membuat pembaca sedikit kebingungan dan harus membacanya berulang-ulang agar mengerti apa yang diinginkan pengarang di akhir ceritanya. Banyak juga persamaan antara cerita satu dengan cerita lainnya, yaitu mengenai kisah cinta yang mungkin akan membuat sebagian pembaca sedikit merasa bosan.
            Secara keseluruhan buku kumpulan cerpen ini layak dibaca dan dimiliki oleh para remaja penggila cerpen dan novel.






Oleh:
Yuliana Kartikasari
XII IPS 1/28

0 coment:

Posting Komentar

 

Princess Kitty © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor